KISI-KISI UKK PISIKA KELAS XI IPA


kisi-kisi ulangan kenaikan kelas xi ipa matpel isika

1. menentukan momen gaya total terhadap sebuah titik

2. menentukan momen nersia sistem benda titik/partikel

3. hukum kekekalan momentum sudut

4. enenrgi kinetik rotasi bola / selinder

5. gaya tegangan tali untuk sistem benda diam/ percepatan selinder pejal pd bidang mirirng

6. koeisien gesek batang yang bersandar di dinding licin

7.koordinat titik berat bidang berbentuk sgi empat  dan segi tiga trhdap alasnya

8. hukum pascall

9. pipa u selisih tinggi permukaan air dan minyak

10. dongkrak hidrolik/ penerapan hukum pascall

11. tegangan permukaan dan massa jenis benda

12. kapilaritas dan tegangan permukaan

13. kapilaritas dan viscositas

14. sipat luida ideal

15. kecepatan pancaran air dari lubang kebocoran / waktu pengisian bak

16. kecepatan air pada lubang kecil/kontinuitas/ aas bernoulli

17. hubungan kecepatan dan tekanan pada aas bernoulli

18. gaya angkat pesawat/ sipat gas ideal

19. siat gas ideal / persamaan keadaan

20. persamaan keadaan perubahan

21. massa gas dalam tabung/ perubahan energi gas trhadap suhu

22. persamaan kecepatan epekti gas/ paktor yg mempengaruhi besar tekanan

23. usaha oleh gas/ meningkatkan kecepatan epektip gas

24. graik isohorik /  usaha pd proses siklus

25. hukum termodinamika I dan hukum 1 pada proses adiabatik

26. perubahan energi dalam jika q dqn w. / kalor yang dilepas jika ada u 1 dan u 2

27. tetepan laplace / hubungan Cp Cv dan R

28. usaha pada mesin carnot jika T1 T2 dan Q1 diketahui, / eisiensi mesin carnot

29. perubahan eisiensi jika suhunya berubah/perumusan hukum 2 termodinamika

30. mesin pendingin menentukan usaha dan kalor yang diserap

NILAI UTS FISIKA KELAS XI IPA 6


 

Nilai UTS FISIKA Kelas XI IPA 6
No NO Pst Nama Kode Betul Salah Nilai
1 110608 ELIESA  N 218 18 2 90
2 110609 FARAH NADILA 217 18 2 90
3 110603 AULIA P 217 17 3 85
4 110602 ARYUNING H 218 16 4 80
5 110613 JUZARI R 217 16 4 80
6 110636 ZULFIKAR S 218 16 4 80
7 110604 DENNIS DEWO P 218 15 5 75
8 110605 DWI S N 217 15 5 75
9 110617 M FATHISKA S 217 15 5 75
10 110633 SATRIO AP 218 15 5 75
11 110606 DZAKY SR 218 14 6 70
12 110618 PHELIA N 218 14 6 70
13 110620 R YOGA G 218 14 5 70
14 110624 RENALDY Y 217 14 6 70
15 110615 MOCH RISYAD F 217 12 7 60
16 110616 M FIRMAN A 218 12 8 60
17 110626 RINALDI A 217 12 8 60
18 110601 AGISTHA V S 217 11 9 55
19 110610 FENA AYU I 218 10 10 50
20 110612 ILMAN FARIZKI 218 10 10 50
21 110629 ROSI DWI U 218 10 10 50
22 110635 TALITHA A 218 10 10 50
23 110625 RIA SHEILLA 218 9 11 45
24 110630 SABILA F 217 9 11 45
25 110631 SAKINA ADENIA 218 9 11 45
26 110611 HAMIKI J 217 8 12 40
27 110614 KHOTIB M H M 218 8 12 40
28 110619 PUTRI C P 217 8 12 40
29 110622 RADEN RORO AR 217 8 12 40
30 110627 RIVA D 218 8 12 40
31 110621 RM LAZUARDHI 218 7 13 35
32 110632 SARAH SAFITRI 217 7 13 35
33 110623 RAHMI A P 218 6 14 30
34 110607 EGA K Y 217 5 15 25
35 110628 RIZAL AMRI T 217 4 16 20
36 110634 SHASQIA P 217 4 16 20

Kisi-kisi Ulangan Tengah semester kelas XI Ipa SMA N 22 Bdg


KISI-KISI UTS KLS XI
1. MENENTUKAN LETAK BENDA AGAR SETIMBANG
2. MENENTUKAN TEGANGAN TALI PADA PADA BENDA YANG DIGANTUNG ( 2 SOAL)
3. KOEFISIEN GESEK DARI BENDA YANG BERSANDAR PADA DINDING LICIN
4. MEMENTUKAN MOMEN GAYA PADA PADA JUNGKITAN
5. MENENTUKAN TITIK BERAT BIDANG (Xo;Yo) ( 3 soal)
6. menentukan berat benda pada sistem kesetimbangan partikel
7. menentukan gaya yang diderita penumpu
8. menentukan momen gaya sistem
9. menentukan momen gaya pada benda yang berputar denga percepatan sudut teryentu
10. menentukan percepatan sistem benda yang di gantung dgn katrol
11. percepatan benda yang menggelinding pada bidang miring
12. menentukan kecepatan air pada pipa yang diameternya benrbeda
13. menentukan perbandingan kecepatan air pada pipa dengan penampang berbeda
14. waktu yang diperlukan untuk menguisi bak hingga penuh
15. menentukan daya dari generator listrik
16. menentukan debit dan tekanan pada pipa yang dialiri air pd 2 tempat berbeda
17. perbedaan tekanan dari aliran air yang melewati pipa berbeda

senin yang penuh kejutan


Pagi hari senin, 25 November 2013,

Hari ini adalah hari guru, katanya seeh. Kebetulan hari ini hari pembinaan wali kelas, karena merupakan hari senin  minggu terakhir di bulan November. Sayang hari ini aku tak bisa membina anak kelasku dan ku titipkan kepada Ibu Imas, selaku wakil humas. Ketidak hadiranku disebabkan ada urusan keluarga, lagi-lagi urusan keluarga yang lebih diutamakan, aku harus mengantar anakku ke tempat kuliahannya, sehingga pulangnya agak terlambat datang ke sekolah. Tapi alhamdulillah Ibu imas tidak keberatan untuk menggantikanku.

Mengenai hari guru ini, kok aku tahu yah? bukan sok tahu ato serba tahu, tapi kebetulan pagi hari denger berita bahwa bapak Mendiknas mengcapkan selamat hari guru katanya. semoga para guru semakin giat mengajarnya dan giat memperbaiki diri, meningkatkan kualitas diri, sehingga bisa maksimal dalam mengajar… beu… aku merasa tersinggung dengan ucapan itu, karena aku merasa sangat sulit meningkatkan kualitas diri dan pribadi ku ini.. huh..!

Setelah mengajar 3 jam di kelas 12 Ipa aku baca koran diperpus dilanjut shalat duha di masjid, menilai hasil remed anak anak, dilanjut shalat dhuhur, baru masuk lagi ke ruang guru untuk mengambil buku dan masuk ke kelas xi ipa 6. kelas yang aku wali kelasi. saat di ruang guru Ibu ratna menanyakan nama lengkapku sambil menuliskannya di HP, tak tahunya dia sedang menulis nama lengkap atas permintaan seseorang bernama bpk suroto. Sebuah nama yang aku cari-cari selama ini. Pasti deh ada apa-apanya nih. ya tentu saja karena selama ini aku sedang H2C menantikan kabar baik dari beliau yang pernah aku mintain tolong untuk mengajukan berkas kenaikan pangkat ku. yang sempat terbengkalai karena adanya aturan baru.

Bell jam masuk istirahat ke dua sudah berbunyi. artinya aku harus segera masuk ke kelas xi ipa 6. sebelum masuk tepat waktu aku sempat mengobrol duru sama bu ratna dan mengisi nomor pa suroto untuk ku sms nanti. setelah selesai me sms pa suroto, akupun langsung mendatangi kelas xi ipa 6. tapi apa yang terjadi ternyata kelasnya kosong, hanya ada satu orang siswa di dalam kelas siswa laki-laki bernama Ega. ada apa nih ga biasanya anak 2 Cewe ikut-ikutan ngebandel pikirku, awas ya kalo datang tak suruh push up semuanya. jam udah lewat lima belas menit dari bell tapi anak-anak belum juga nonggol. akupun ngajar ngasih materi buat anak seorang ini. Aku mulai berfikir bolak balik hukuman apa yang harus kutimpakan pada anak-anak cewe yang ga biasanya ikut-ikutan nih. Bukankah mereka tahu bahwa minggu kemarin anak-anak cowo di suruh push up 10 x. yah kalo hari ini mestinya jadi 20 x atuh.

Disaat aku berfikir tentang hukuman yang pantas, tiba tiba si Aulia  datang diiringi kawan kawannya sambil membawa bolu ulang tahun  dan menyanyikan lagu “terimakasih guruku” akupun ga bisa ngomong apa apa ada rasa haru dan bangga dengan murid-muridku ini, mereka sudah berkorban, memotong uang jajannya untuk urunan membeli bolu. emh makasih ya muridku  kalian memang siswa-siswi yang baik dan top markotop deh… seketika kemarahanku hilang begitu saja berganti dengan rasa haru, tulisan ku yang ada di board dihapuspun ga ada rasa marah, yang ada rasa haru….

itulah dua kejadian indah yang terjadi di hari senin ini…

Ku bersyukur kepada Mu ya Allah karena Engkau Maha Mendengar atas segala doa  yang aku panjatkan.

Terimaksih juga buat Bapak Haji Mustari (suami Ibu ratna), teman yang selalu mendorongku  untuk maju maju maju dan maju.

Terimakasih juga buat anak-anakku yang baik(xi ipa 6) semoga sukses seallu oceh!

Bandung,25/11/13

 

udah lama


begitu lama aku tak kunjungi kamu, sekarang spertinya kau sudah berubah ya..? he he he

RANKING NILAI MID XII IPA 5 (NILAI RATA-RATA HARIAN DAN MID)


RANKING NILAI RATA-RATA HARIAN DAN MID KELAS XII IPA 5
SAMPAI DENGAN PERTENGAHAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
NO NAMA Agama PKN INDO ING MAT FIS BIO KIM SEJ SENI PENJ TIK JEP SUN JUMLAH RANK
1 REYHAN WIYARTA SUNDAJI 87 68 75.8 84 80.4 92.8 91 86 70 91 71 78 92 72 1138 1
2 DESY AISYAH WULANDARI 82 83 76 82.3 76.4 84 88 76 72 88 68 77 96 86 1135 2
3 ELVA GIOVANI NURAHMAYANI 87 67 82 83.7 79.8 86 86 69 70 91 73 71 93 86 1124 3
4 FADHLAN FATHURRACHMAN 89 69 76.5 78.7 79.6 89.5 87 74 62 88 77 75 93 86 1123 4
5 DIAN  MEDINA PERMATASARI 83 83 78.5 80 79.6 82.8 80 67 72 90 68 79 95 83 1122 5
6 WULAN AGHNIA SALAM  G 88 67 79.5 79.7 82.2 84.3 84 71 72 91 73 72 90 88 1122 6
7 ATIK RACHMAWATI AZIEZAH 87 79 75.3 78.3 79.8 81.5 81 71 68 89 73 81 98 80 1121 7
8 MAYANG SARI ISWARA 88 75 77.5 83.7 79.8 82.5 79 66 72 86 73 75 94 86 1118 8
9 UTAMI NUR CITRA YANTI 87 70 77.8 88.3 78.4 82.3 86 69 66 87 71 76 95 80 1113 9
10 FINA BELIA BESTARI 87 67 79.3 79.7 78.8 85 78 67 76 90 71 77 95 80 1110 10
11 SYIVA FATHONAH 88 74 77 83.7 79.6 83.3 79 55 76 90 73 72 95 83 1109 11
12 NURUL YUNIAR 87 78 74.8 78.3 80 83.3 80 63 66 95 73 77 94 79 1109 12
13 KARIN ROSALINA PUTRI 85 62 79.8 82.3 79.2 85.8 78 68 68 91 75 72 95 84 1106 13
14 RESI ROHAYATI 87 62 77.3 82.3 80.6 79.5 81 70 68 93 73 77 90 85 1105 14
15 EVA FEBRINA 88 70 79.8 78 78.6 80.5 76 70 68 88 73 72 97 83 1102 15
16 KOSHA JAGADHITA 86 70 75.8 82.3 76.6 78.3 85 63 68 89 72 78 98 79 1100 16
17 INDA ANDIANI 85 72 74 71.3 79.6 86.8 84 62 66 84 73 76 97 89 1098 17
18 MADYASTI PUTRI PUSPASERUNI 88 67 75.8 71.7 79 79.3 84 72 68 89 72 73 95 83 1096 18
19 YUNITA WIDIA 88 74 75.5 83.7 80.6 82.5 72 47 72 92 73 76 95 81 1091 19
20 NURLAILY SRI UTAMI 85 77 75 84 79.8 80 75 56 64 90 73 78 97 76 1090 20
21 THOMAS GREDIA SAPUTRA 47 83 79.3 86.3 82 86.5 91 76 68 74 78 74 81 83 1089 21
22 DESI RATNASARI 77 69 73.5 76.3 80.4 83 88 71 68 88 66 71 98 81 1089 22
23 RIFFA MARTIANA SYAFITRI 85 73 79 79.7 72.2 81.8 83 80 36 87 68 77 97 87 1086 23
24 NADYA ADYNDA PUTRI 88 62 77 82.3 77.6 84 66 59 74 84 73 73 97 84 1081 24
25 NOVITA SARI 87 75 75.8 82.3 81 83.5 78 42 72 87 73 72 92 78 1078 25
26 INNEKE AMALIA 83 67 81 77 79.6 81 76 56 60 85 74 78 95 83 1076 26
27 GERRY APRIAWAN FIRDAUSI S 85 60 77 83.7 78.2 85 78 51 72 85 75 76 93 71 1069 27
28 DZAKWAN FADHIL 86 72 77.8 83.7 80.6 82.5 77 47 70 88 73 71 94 67 1068 28
29 YUSTIANA WAHYUDI 86 62 73 83.7 80.4 81.3 84 59 70 89 71 72 93 63 1067 29
30 ALFIAN TSANI 84 70 76.8 81 80.4 81.8 81 46 68 84 72 77 98 64 1064 30
31 RAHADIAN OKTAVIANTO  P 86 77 74.3 82.3 80.6 79.5 80 53 66 87 55 74 93 77 1064 31
32 KIKI KURNIASIH 84 67 75.5 77 76 78.5 79 53 62 87 68 77 98 80 1063 32
33 MUHAMMAD ZIKO RIZKYARGO 87 74 77.8 70.3 81.6 78.8 70 55 66 87 70 77 94 59 1047 33
34 ADLIZAR SUBHAN 86 64 78.8 66.3 76.2 80.5 82 65 66 86 50 69 87 83 1038 34
35 BERLIAN HARYOBUONO 72 68 78.5 80.3 79.4 81.3 74 53 70 89 57 67 97 63 1030 35
36 HAFIDZI HIDAYAT 87 75 76.3 69.7 79.4 78.8 77 35 76 86 51 75 97 64 1025 36
37 NAUFAL AZHAR IRSALI 85 67 79.3 82 80.6 76.8 80 40 36 86 55 72 97 80 1016 37
38 HADYAN FAKHRI 83 60 75.5 73.7 77.8 78.5 84 74 64 86 13 67 93 80 1009 38
39 HUSNA HADIYAN 87 57 76.5 73 79 79.8 83 43 66 86 13 77 97 83 999 39
40 HADIYAN FAUZAN 81 67 72.5 69.7 76.2 69.8 68 49 56 86 54 58 78 78 962 40
41 TIARA GALIH PERTIWI 83 72 53.3 82 76.2 73.5 71 38 36 82 68 70 81 77 961 41
42 RYAN PURNAMA 86 65 54.3 80.3 78.8 62.5 76 30 34 89 71 69 88 62 945 42

MUALAF


KABAR GEMBIRA BAGI ORANG YANG BERIMAN, KITA MEMILIKI SAUDARA BARU NIY….
Senin, 23 Maret 2009
Konsep Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Memilih Islam
Image
Kathryn Bouchard dibesarkan dalam lingkungan keluarga Katolik yang moderat. Kedua orangtuanya adalah guru sekolah Katolik. Hubungan antar keluarg mereka terbilang akrab satu sama lain.

Kathryn yang asal Kanada menghabiskan masa remajanya di London dan Ontario. Seperti penganut Katolik lainnya, ia pergi ke gereja setiap hari minggu, sekolah di sekolah Katolik hingga ke jenjang universitas.

Kathyrn kuliah di Brescia University College, sebuah perguruan tinggi Kristen khusus perempuan yang berafiliasi dengan Universitas Western Ontario.

“Meski saya dibesarkan dalam lingkungan Katolik, orangtua mendorong saya untuk berteman dengan beragam orang dari berbagai latar belakang dan boleh menanyakan apa saja berkaitan dengan kehidupan dan agama,” kata Kathryn.

Konsep Trinitas Yang Tak Masuk Akal
Ia mulai mempelajari agama-agama dalam usia yang relatif masih mudah ketika ia berusia 16 atau 17 tahun dan masih duduk di sekolah menengah. Kathryn mengatakan, ia tidak mau menjadi bagian dari sebuah agama hanya karena ia sudah menganut agama itu sejak ia dilahirkan. Itulah sebabnya, Kathryn tidak sungkan mempelajari beragam agama mulai dari Hindu, Budha sampai Yudaisme. Ketika itu, ia hanya sedikt saja mengeksplorasi agama Islam.

Alasan Kathryn mempelajari beragam agama, salah satunya karena banyak hal dalam ajaran Katolik yang tidak dipahami Kathryn. “Kami sering kedatangan pendeta di sekolah dan kami melakukan pengakuan dosa. Saya pernah bertanya pada seorang pendeta,’Saya betul-betul tidak paham dengan konsep Trinitas. Bisakah Anda menjelaskannya?’ Tapi pendeta itu menjawab ‘Yakini saja’. Mereka tidak memberikan jawabannya,” tutur Kathryn.

Ia belum mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang konsep Trinitas dalam agama Kristen, hingga ia di bangku kuliah dan mempelajari berbagai ilmu di seminari dan mempelajari teologi agama Katolik.

“Jika saya menanyakan tentang Trinitas, mereka akan menjawab ‘ayah dan ibumu saling mencintai, ketika mereka memiliki anak, itu seperti tiga dalam satu dengan identitas berbeda’.

Jadi, banyak sekali analogi yang diberikan untuk menjelaskan bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan dan menjadi anak Tuhan dan menjadi dirinya sendiri. Saya pikir banyak penganut Kristen yang menerima konsep ini tanpa memahaminya, ” ujar Kathryn.

Ia lalu menanyakan konsep Trinitas ke beberapa temannya dan ia mendapat jawaban bahwa konsep Trinitas ada dan ditetapkan sebagai dasar kepercayaan dalam agama Kristen setelah Yesus wafat.

Sebuah jawaban yang mengejutkan Kathryn, karena itu artinya semua dasar dalam ajaran Kristen adalah ciptaan manusia. Yesus semasa hidupnya tidak pernah bilang dirinya adalah anak Tuhan dan tidak pernah mengatakan bahwa dirinya Tuhan.

“Saya membaca Gospel Mathias pertama dan dalam Gospel itu Yesus tidak direferensikan sebagai anak Tuhan, tapi anak seorang manusia. Tapi dalam Gospel yang ditulis setelah Yesus wafat, banyak sekali disebutkan bahwa Yesus adalah anak Tuhan. Dan disebutkan pula bahwa ada alasan politis dibalik argumen konsep Trinitas,” papar Kathryn.

Yesus & Tuhan (Allah), 2 oknum yang berbeda
Ia melanjutkan,”Saya juga menemukan bahwa Yesus berdoa dan memohon pertolongan pada Tuhan. Jika Yesus minta pertolongan pada Tuhan, lalu bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan. Ini tidak masuk akal buat saya.”

Mengenal Islam

Setelah menyelesaikan studinya di Ontario, Kathryn pindah ke Montreal dan di kota ini ia bertemu dengan banyak Muslim dari berbagai latar belakang mulai dari Eropa, Afrika dan Karibia. Keberagaman ini membuka mata Kathryn bahwa pemeluk Islam ternyata berasal dari berbagai latar belakang kebangsaaan. Fakta ini mendorongnya untuk lebih banyak belajar tentang Muslim dan latar belakang mereka.

Kathryn mulai membaca banyak referensi tentang Islam. Tapi ia menemukan bahwa contoh-contoh ekstrim tentang Islam di internet sehingga ia sempat berkomentar “Saya tidak mau menjadi bagian dari agama ini (Islam).” Oleh sang ayah, Kathryn disuruh terus membaca karena menurut sang ayah, dalam banyak hal sering terjadi salah penafsiran.

Kathryn pun melanjutkan pencariannya tentang Islam. Ia bergabung dengan situs “Muslimahs”, sebuah situs internasional yang beranggotakan para Muslimah maupun para mualaf dari berbagai negara. Dari situs inilah ia banyak belajar dan bertanya tentang Islam.

Kathryn mengatakan banyak hal yang ingin ia ketahui tentang ajaran Islam. Misalnya, apa saja persamaan dan perbedaan ajaran Islam dan Kristen, bagaimana posisi Yesus dalam Islam, siapa Nabi Muhammad, masalah poligami dan berbagai isu Islam yang muncul pasca serangan 11 September 2001 di AS.

Selama kuliah di Montreal, Kathryn belajar banyak hal tentang Islam. Ketika ia pulang ke London, orangtuanya mengira bahwa Kathryn hanya rindu kembali ke rumah dan bukan untuk memperdalam minatnya pada Islam. Kathryn lalu membeli al-Quran dan buku-buku hadist. Pada ayahnya, ia bilang bahwa al-Quran bukan buatan manusia, ketika membaca al-Quran sepertinya Tuhan sedang bicara pada kita.

“Anda merasa bahwa ada juga kebenaran yang ditulis dalam alkitab, tapi Anda tidak akan merasa bahwa itu semua tidak ditulis langsung oleh Tuhan. Sedangkan al-Quran, Anda akan merasakan kebenaran yang sesungguhnya,” ujar Kathryn.

“Saya juga menemukan banyak ilmu pengetahuan yang sudah lebih dulu diungkap oleh al-Quran dan baru muncul kemudian dalam kehidupan manusia. Saya pikir, al-Quran diturunkan pada manusia dengan tingkat emosional dan logis. Islam mendorong umatnya untuk berpikir dan mencari ilmu,” sambung Kathryn.

Kathryn pun mulai belajar salat, datang ke ceramah-ceramah agama dan mengontak masjid terdekat untuk mencari informasi apakah masjid itu punya program untuk orang-orang sepertinya dirinya, yang berminat pada agama Islam.

“Pertama kali saya masuk ke masjid, saya menangis. Saya merasakan ada energi yang begitu besar yang tidak saya rasakan ketika saya ke gerejat,” kisah Kathryn yang kemudian belajar membaca al-Quran di masjid itu. Ia terus belajar dan bergaul dengan para warga Muslim. Sedikit demi sedikit, Kathryn bisa mengubah gaya hidupnya.

Ditanya apakah orangtuanya keberatan dengan perubahan dirinya. Kathryn mengaku butuh waktu cukup panjang untuk meyakinkan orangtuanya bahwa ia tidak menjauh dari keluarganya jika memeluk Islam.

Mengucap Dua Kalimat Syahadat

pengajian di Islamic Center bimbingan Dr Munir El-Kassem
Kathryn mengungkapkan bahwa ia sendiri tidak pernah menyangka akhirnya memutuskan masuk Islam dan itu semua terjadi begitu saja. Saat itu, di bulan Juni tahun 2008, seperti biasanya ia datang ke pengajian mingguan di sebuah Islamic Center. Ia sama sekali berniat mengucapkan dua kalimat syahadat hari itu. Tapi ketika ia tiba di gedung Islamic Center, banyak sekali orang-orang yang telah ia kenal hadir.

Hari itu, tema pengajian adalah umrah. Banyak anak-anak muda Muslim yang datang dan menceritakan pengalaman mereka ikut umrah serta bagaimana hidup mereka berubah setelah umrah. Pengajian dibimbing oleh Dr Munir El-Kassem. Saat Dr El-Kassem bertanya apakah ada diantara para hadirin yang ingin mengajukan pertanyaan, Kathryn dengan spontan mengangkat tangan dan berkata,”Bisakah saya mengucapkan syahadat?” Kathryn sempat kaget sendiri dengan pertanyaan itu karena ia merasa tidak merencanakannya. Semua terjadi begitu saja, spontan.

“Seketika ruangan menjadi sunyi dan saya pikir Dr El-Kassem juga terkejut. Saya memang mengenakan kerudung setiap kali datang pengajian sebagai bentuk penghormatan saya pada Islam. Dr El-Kassem lalu meminta saya maju ke depan dan menceritakan di depan hadirin bagaimana saya bisa sampai pada Islam,” tutur Kathryn.

Kathryn mengaku gemetar ketika mengucapkan dua kalimat syahadat. “Tapi saya merasa hati saya begitu lapang, penuh dengan cahaya ibarat sebuah pintu hati yang terbuka. Saya mereka sudah mengambil jalan yang benar,” ungkap Kathryn.

Itulah hari bersejarah bagi Kathryn, hari dimana ia memulai kehidupan sebagai seorang Muslimah. Tahun pertama menjalankan puasa di bulan Ramadhan, diakui Kathryn sangat berat. Namun ia merasa bahagia setelah menjadi seorang Muslim. Kathryn mengaku hidupnyan lebih teratur, disiplin dan sehat karena ia tidak lagi makan daging babi dan minum minuman beralkohol. Kathryn juga mengatakan bahwa ia kini tahu apa sebenarnya tujuan dan mau kemana arah hidupnya.

sumber : (ln/iol/readislam/eramuslim)